Wisata Sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi di Kota Cirebon

Selanjutnya di daerah asal saya, ada destinasi wisata sejarah lain, yaitu wisata Taman Sari Gua Sunyaragi. Gua Sunyaragi adalah sebuah gua yang berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon dimana terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi atau Taman Air Sunyaragi.

Taman Sari Gua Sunyaragi
Asal nama yang diambil dari bahasa Sansekerta yaitu "Sunya" yang berarti sepi dan "Ragi" yang berarti raga. Dengan asal kata tersebut yang bisa juga diartikan sebagai tempat meditasi yang memang tujuan utama didirikan lokasi tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi (Menyepi) para Sultan Cirebon beserta keluarganya. Bangunan ini dibuat oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon pada sekita tahun 1703.

Nah, cagar budaya nasional ini nih masih termasuk bagian dari bahasan kita sebelumnya, yaitu Keraton Pakungwati atau sekarang yang bernama Keraton Kasepuhan. Bangunan yang paling fenomenal pada Taman Sari Sunyaragi Cirebon ini adalah berupa bangunan dengan ornamen "Karang"nya. Ditilik dari berbagai jenis batu karang yang digunakan untuk membangun taman sari tersebut dapat disimpulkan bahwa karang-karang itu didatangkan dari berbagai dari lokasi yang berbeda.


Keunikan dari wisata ini adalah, dengan area lokasi wisata unik ini yang ternyata cukup luas, yakni mencapai 15 hektar. Di dalamnya sendiri dibagi menjadi 2 bagian wilayah, yakni pesanggrahan dan bagian gua. Gua yang dimaksud berupa bangunan yang berbentuk gunungan-gununga. Dengan areal yang sangat luas tersebut anda bisa menyaksikan bagaimana keunikan yang dimiliki oleh bangunan bersejarah ini. Bangunan ini memiliki banyak sekali perpaduan corak budaya. Anda bisa melihat gaya arsitektur Hindu, Tiongkok Kuno, gaya timur tengah atau Islam hingga gaya Eropa dalam arsitektur bangunannya. Situs ini juga telah beberapa kali dirombak, apalagi setelah hampir luluh lantah terkena efek ledakan yang dilakukan pemerintahan koloniah Belanda pada saat penjajahan.

Patung Perawan Sunti

Selain bangunan yang unik, kolam, panggung pertunjukan terbuka, yang menjadi daya tarik dari Gua Sunyaragi adalah mitos-mitosnya yang seringkali terdengar, yaitu mengenai jodoh. Mitos pertama bisa anda temukan pada sebuah gua yang bernama Gua Peteng. Bangunan gua ini merupakan bagian utama di dalam situs bersejarah ini yang digunakan sebagai tempat meditasi. Menurut mitos yang berkembang jangan sekali-kali anda memegang patung perawan sunti yang berada di pintu masuk jika anda tidak ingin jodoh anda menjadi sulit. Namun bagi siapapun yang ingin ringan jodoh, maka menurut tutur mitos maka cobalah untuk mengunjungi Gua Kelanggenan. Tentunya dengan adanya mitos ditambah banyaknya situs bersejarah menjadikan lokasi Gua Sunyaragi ini memiliki magnet yang cukup besar dalam menarik wisatawan untuk berkunjung.



Jadi bagi kalian yang ingin ringan jodoh bisa ke wisata sejarah Gua Sunyaragi ini ya hahaha ga deng bercanda, itu kan cuma mitosnya aja, jodoh mah tetep ditangan Tuhan ya kan? Pendapat saya tentang wisata sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi ini adalah keunikan dan keindahan dari bangunannya ini sangat menarik menurut saya, serta ditambah sejarah-sejarahnya, ditambah lagi dengan mitos-mitos yang berkembang, membuat wisatawan pasti penasaran ingin mengunjungi tempat wisata ini jika sedang berwisata ke Kota Cirebon. Engga kaya dulu yang bangunan ini tuh kurang terawat oleh Pemerintah, sekarang sudah jauh lebih baik, pun juga lebih banyak wisatawan yang datang, tempat parkirnya pun luas, disini sekarang sering diadakan acara-acara kesenian, dan acara festival lainnya yang membuat tempat wisata ini lebih menarik, lokasinya pun strategis karna terletak dijalan utama. Jadi, ayo ke Taman Sari Gua Sunyaragi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME MANAJEMEN BIRO PERJALANAN WISATA

Wisata Religi Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kota Cirebon