RESUME MANAJEMEN BIRO PERJALANAN WISATA

JENIS TOUR DALAM PERNIAGAAN PAKET WISATA

Attoriq Felix Santosa
17/415569/SV/13434

Berbagai macam jenis tour yang ada di Biro Perjalanan Wisata (Tour Operator).
Sebelum membahas tentang jenis-jenisnya, kalian harus tau apa itu Tour Operator. Tour Operator adalah sebuah lembaga yang menyusun, menyediakan, menyelenggarakan, mengadakan, menjual apapun yang berhubungan dengan paket perjalanan wisata dalam jumlah yang besar, serta mengurus dokumen-dokumen perjalanan sesuai peraturan.

Sekarang kita masuk ke jenis-jenis Biro Perjalanan Wisata atau Tour Operator. Tour Operator ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu Wholesaler Tour Operator (WTO) dan Retail Tour Operator (RTO).
Yang pertama, Wholesaler Tour Operator (WTO) penjualan paket wisata ini tidak dilakukan secara langsung kepada wisatawan, akan tetapi mereka melakukannya melalui perusahaan perjalanan retailer dan memerlukan travel agent. WTO ini juga bertugas membuat produk perjalanan wisata.
Yang kedua, Retail Tour Operator (RTO) penjualan paket wisata ini secara langsung, dan memiliki produk yang lebih sedikit. Retailer adalah badan atau perusahaan yang berfungsi menjadi perantara dalam menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen dalam proses penjualan dan retail tidak membuat produk.

Pelaksanaan paket wisata dibagi menjadi 3 tahapan yaitu ditangani langsung sepenuhnya oleh operator, tidak ditangani sepenuhnya oleh tour operator melainkan menunjuk salah satu kantor cabang di tujuan, dan juga tidak ditangani sepenuhnya oleh tour operator melainkan menggunakan jasa agent receiver.

Terdapat 2 jenis paket wisata, ready made tour dan tailor made tour.
Ready made tour itu adalah paket wisata yang dibuat oleh Biro Perjalanan Wisata dengan rencana perjalanan yang jelas dan tidak dapat diubah. Sedangkan Tailor made tour adalah paket wisata yang dibuat berdasarkan request atau permintaan dari tamu atau pembeli paket.

Jenis Tour dalam perjalanan wisata juga dibedakan berdasarkan wilayah, seperti jenis tour berdasarkan wilayah negara, jenis tour yang berada di wilayah darat, laut, dan udara.

Adapun perjalanan wisata berdasarkan jumlah peserta dan usia wisatawan.
Untuk jumlah peserta terdapat individual tour, group tour yang bisa terdiri dari 20-30 wisatawan, dan mass tour yang bisa 300 - 400 wisatawan. Sedangkan usia dibagi menjadi 3, yaitu youth tour atau remaja, standard tour atau antara usia remaja dan lansia, dan elderly tour atau untuk para lansia.

Perjalanan wisata juga dibagi berdasarkan tipologi wisata, diantaranya adalah mass tour yang berlaku umum, alternative tour atau yang berlaku umum dengan pilihan, dan special interest tour atau tour dengan minat khusus. 
Waktu penyelenggaraan perjalanan wisata dalam satu hari bisa meliputi, morning tour, afternoon tour, evening tour, dan night tour.

Untuk kelas tour dapat dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu ada deluxe tour, standard tour, economy class tour, dan budget class tour. Semua jenis kelas tour memiliki perlakuan khusus yang akan diberikan kepada calon wisatawan berdasarkan produk paket wisata yang mereka pilih sesuai dengan kelasnya.

Dan untuk modal transportasi yang akan digunakan bisa bermacam-macam, seperti transportasi bus and car touring, train touring, dan boat touring. Transportasi menjadi peran yang sangat penting dalam melakukan perjalanan wisata, yang bermaksud untuk membawa wisatawan dari satu tempat tujuan wisata ke tempat tujuan wisata lain.

Referensi: Nuriata.2014.Perencanaan dan Pelaksanaan Perjalanan Wisata: Konsep dan Aplikasi.Bandung:Alfabeta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi di Kota Cirebon

Wisata Religi Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kota Cirebon