Wisata Belanja Batik Trusmi di Kota Cirebon

Kalau sebelumnya saya membahas wisata-wisata sejarah, kali ini sudah beda lagi, sekarang saya akan membahas wisata yang paling disenangi oleh ibu-ibu, yaitu wisata belanja, ya meskipun wisatawan lain juga suka belanja untuk keperluan oleh-oleh ya hehe. Kebanyakan orang pasti mengenal Pekalongan sebagai kota batik. Meskipun demikian di Indonesia banyak sekali daerah yang memiliki budaya batik, yaitu Yogya, Solo, dan Cirebon.

Batik Trusmi
Trusmi adalah desa pengrajin batik di Kabupaten Cirebon, yang namanya sudah tersohor. Dari sebuah desa sederhana, Trusmi pada hari ini adalah kawasan dengan jejeran butik batik yang menawan. Trusmi berjarak 5 km dari pusat kota. Lokasinya dari arah Plumbon atau Jakarta terus masuk ke arah kota, setelah sampai di perempatan pasar Plered, belok ke kiri. Disitu ada papan nama "Objek Wisata Belanja Batik Trusmi". Di desa ini memiliki banyak pengrajin batik tradisional Cirebon, rata-rata mata pencaharian penduduk asli desa-desanya pun adalah membatik dan kebanyakan keluarga memiliki industri batik meskipun skalanya masih rumahan.

Sedikit mengutip dari wikipedia, kisah membatik desa Trusmi ini tidak lepas dari peranan Ki Gede Trusmi. Beliau adalah salah seorang pengikut setia Sunan Gunung Jati. Beliau ini yang mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan pengaruh agama Islam pada saat itu. Untuk menghormati jasa-jasanya, sampai sekarang makam Ki Gede Trusmi masih terawat dengan baik, bahkan setiap tahun dilakukan upacara cukup khidmat, upacara Ganti Welit (Atap Rumput) dan Ganti Sirap setiap 4 tahun.

Motif-motif Batik
Keunikan dari Batik Trusmi ini adalah berbagai motif dan bahannya bisa kita jumpai disini, bahkan motif batik Pekalongan, Solo, dan Jogja juga bisa kita temukan disini. Harga yang ditawarkan pun juga beragam, sesuai dengan bahan, apakah katun, sutra, serat nanas, dan juga proses pengerjaannya, cap, sablon atau tulis. Harga batik tulis biasanya dua kali lebih mahal.

Motif Megamendung
Cirebon juga mempunyai batik yang menjadi ikon daerah Cirebon, yaitu batik Megamendung. Motif batik ini mempunyai kekhasan yang tidak dimiliki oleh penghasil batik daerah lain. Bahkan di Trusmi sudah banyak yang menjual dengan kreasi pengrajinnya sendiri-sendiri dan lebih terlihat elegan.


Pendapat saya tentang Wisata Belanja Batik Trusmi ini adalah objek wisata yang sangat pas untuk para wisatawan yang sedang berlibur ke Cirebon dan ingin membawa oleh-oleh buat orang-orang tercinta, Batik Trusmi lah yang pas karena disini sangat lengkap dan ada dari yang paling murah sampe yang paling mahal juga ada, kok jadi kaya promosi ya haha, tapi emang bener kalo ke Cirebon mau belanja pakaian paling lengkap di batik trusmi ini. Showroomnya pun banyak, kalian bisa milih sampe kalian bingung sendiri keliling-keliling karna banyaknya batik yang menarik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME MANAJEMEN BIRO PERJALANAN WISATA

Wisata Sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi di Kota Cirebon

Wisata Religi Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kota Cirebon