Wisata Kuliner Nasi Jamblang Khas Cirebon

Setelah sebelumnya udah asik jalan-jalan ke wisata sejarah dan wisata belanja untuk beli oleh-olehnya, rasanya ga lengkap kalo jalan-jalan liburan ke Cirebon engga makan Nasi Jamblang. Di Cirebon, sudah banyak tersebar warung-warung Nasi Jamblang. Nah, sekarang saya mau bahas tentang Wisata Kuliner Nasi Jamblang Khas Cirebon nih, siap-siap ngiler ya hehe...

Lauk Nasi Jamblang

Sega Jamblang atau biasa yang disebut Nasi Jamblang ini adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang sendiri berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas atau keunikan dari makanan ini adalah penggunaan wadah atau tempatnya menggunakan daun jati sebagai bungkus nasinya. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan. Menu yang tersedia antara lain yaitu ada sambal goreng, tahu sayur, paru-paru (pusu), semur ati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar atau telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe.

Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang pada awalnya diperuntukkan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer sampai Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Kasugengan. Nasi Jamblang saat itu dibungkus dengan daun jati karena mengingat bila dibungkus dengan daun pisang kurang tahan lama sedangkan dengan daun jati bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Nasi Jamblang Mang Dul

Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang Pelabuhan
Di Kota Cirebon sendiri ada beberapa warung Nasi Jamblang yang terkenal antara lain yaitu seperti Nasi Jamblang Mang Dul, Nasi Jamblang Ibu Nur, dan Nasi Jamblang Pelabuhan yang sudah banyak dikenal. Terletak di pusat Kota Cirebon, jadi bisa dijangkau dengan mudah oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Cirebon. Setiap harinya pun warung-warung Nasi Jamblang ini selalu ramai oleh pengunjung. Ditambah warung makan Nasi Jamblang Mang Dul yang tidak pernah tutup atau buka 24 jam. Jadi wisatawan bisa kapan saja makan Nasi Jamblang ya, entah itu mau pagi, siang, sore, bahkan tengah malem atau dini hari pun bisa terserah kalian aja dah... Ada 1 lagi yang menurut saya warung Nasi Jamblang yang paling saya rekomendasikan, yaitu Nasi Jamblang apa ya saya lupa hehe, itu berada di jalan pemuda, depan SMPN 4 Cirebon, buka dari pagi sampe siang, cocok untuk sarapan. Di warung Nasi Jamblang itu tuh ya, udah ya murah enak lagi, pokoknya itu rekomendasi banget wes...


Pendapat saya tentang Wisata Nasi Jamblang Khas Cirebon ini adalah selain makanan khas Cirebon yang enak dan terjangkau, belum afdol kayanya kalo ke Cirebon belum makan nasi jamblang. Jadi makanan ini wajib dijajah kalo kalian dateng ke Cirebon. Tapi selain itu, kalo disaat musim liburan, warung-warung makan ini pasti ramai pengunjung, hari-hari biasa pun rame jadi kalian harus menunggu atau antri dengan sabar sampai kalian bisa menikmati makanan khas Cirebon ini. Terkadang sampai ramainya warung ini, kita harus rela menunggu pengunjung yang sudah selesai baru kita bisa mendapatkan tempat duduk dan bisa makan, jadi menguji kesabaran banget ya. Terus juga disetiap tempat warung Nasi Jamblang ini, kenyamanannya berbeda-beda, karena ukuran tempatnya pun masih terbatas. Contohnya di Nasi Jamblang Mang Dul, lahan parkirnya sangat terbatas, karena berada di sisi jalan dan tepat sebelum perempatan. Tapi sekarang Nasi Jamblang Mang Dul sudah memiliki cabang yang banyak. Beda tempat, di Nasi Jamblang Ibu Nur memiliki lahan parkir yang luas, karena terus dikembangkan dan diluaskan lahannya, meskipun pengunjung yang datang pun lebih banyak untuk menampungnya kadang sampai bikin kemacetan di jalan tempat tersebut. Selain itu, di Nasi Jamblang Pelabuhan pun berbeda, disitu tempatnya kecil namun sangat nyaman, jadi bisa makan dengan nikmat. Dan masih banyak lagi wisata kuliner khas Cirebon yang harus kalian nikmati, seperti Empal Gentong, Docang, Mie Koclok, dan masih banyak lagi. Kalian harus nyoba semuanya, dijamin nagih dah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME MANAJEMEN BIRO PERJALANAN WISATA

Wisata Sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi di Kota Cirebon

Wisata Religi Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kota Cirebon